pantun

Jika kita pegang kuas, Melukislah pada kertas. jika anak bangsa cerdas, Bangsa pun berkualitas

Senin, 29 Oktober 2012

Makna Sumpah Pemuda

Sumpah pemuda merupakan awal dari tekad para pemuda-pemudi bangsa Indonesia untuk mencapai kemerdekaan. Mereka bersama-sama bersatu untuk menyatakan rasa cinta tanah air mereka tanpa membeda-bedakan suku, ras, agama, dan stasus social mereka. Mereka menyatakan rasa cinta tanah air mereka dengan cara melakukan ikrar yang disebut Sumpah Pemuda. 
Isi Sumpah Pemuda versi orisinal :
1.   Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
2.   Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
3.   Kami poetera dan poeteri Indonesia, mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Isi Sumpah Pemuda :
1.   Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
2.   Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
3.   Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.


Dengan dilaksanakannya sumpah pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928, para pemuda-pemudi Indonesia telah menyatakan semangat kemerdekaan mereka yang ingin terbebas dari penjajahan. Semangat persatuan dan kesatuan mereka sangatlah kuat.  Meski mereka berasal dari berbagai macam daerah yang berbeda, mereka mau bersatu dan bersama-sama melakukan kongres sumpah pemuda sebagai awal semangat persatuan untuk menuju kemerdekaan.

Dari semangat persatuan dan kesatuan yang terwujud dari adanya ikrar sumpah pemuda, kita sebagai generasi-generasi penerus bangsa harus tetap menjaga rasa persatuan dan kesatuan kita semua agar bangsa Indonesia tetap menjadi bangsa dan Negara yang kokoh.  Isi dari ikrar sumpah pemuda 28 Oktober 1928 haruslah kita terapkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Dengan adanya perkembangan zaman dan modernisasi, kita sebagai anak bangsa tidak boleh terbawa oleh arus globalisasi sehingga lupa akan jati diri bangsa kita sendiri. Kita harus pintar memilih—milih mana yang baik dan mana yang tidak untuk diikuti.

Dengan adanya sumpah pemuda, kita diharapkan dapat menyadari adanya kemajemukan (keanekaragaman) masyarakat Indonesia yang terdiri dari berbagai macam budaya, suku, dan agama. Kerena adanya perbedaan tersebut, kita harus melaksanakan isi dari ikrar sumpah pemuda tersebut dengan cara menjunjung tinggi semangat persatuan dan kesatuan, menggunakan bahasa Indonesia dalam pergaulan sehari-hari, dan tidak membada-badakan seseorang dari suku, agama, dan budayanya.  

Sumpah pemuda merupakan tiang penegak persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Dengan begitu, sumpah pemuda dapat mencegah terpecahnya bangsa, dan menjaga kestabilan pembangunan nasional. Jika terjadi perpecahan karena perbedaan suku, agama, dan budaya, hal itu dapat teratasi dengan mengamalkan nilai-nilai yang terdapat pada ikrar sumpah pemuda.  Dengan adanya persatuan dan kesatuan, akan terciptanya Negara yang stabil dan kokoh guna mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia. 


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar